Hai, Blogger..
Malam ini aku baru selesai ngerjain tugas Mata Kuliah Kepribadian. Nah karena tugasnya di suruh tulis tangan, otomatis setelah di kumpul aku gk ada pegangan lagi tuh, jaildah aku ketik dan aku share di sini.. semoga bermanfaatnya ^_^
Malam ini aku baru selesai ngerjain tugas Mata Kuliah Kepribadian. Nah karena tugasnya di suruh tulis tangan, otomatis setelah di kumpul aku gk ada pegangan lagi tuh, jaildah aku ketik dan aku share di sini.. semoga bermanfaatnya ^_^
Aplikasi dari Teori Dollard dan Miller
Budi
adalah seorang anak TK. Dia sangat takut sama kucing. Sejak kecil dia sudah
takut, setiap dia melihat kucing dia akan merasa ketakutan. Budi punya
kebiasaan buruk, setiap pulang sekolah dia malas sekali untuk mengganti
seragamnya. Dia lebih memilih untuk lansung bermain dengan teman-temannya.
Suatu hari setelah pulang sekolah, ibunya mengunci Budi di dalam kamar dan
memasukkan seekor kucing di dalam kamarnya. Hal ini langsung membuat Budi
cemas, ketakutan karena melihat kucing tersebut. Ia gelisah tidak tahu harus
berbuat apa, ia menangis dan berteriak agar pintunya dibuaka dan ia bisa segera
keluar dan menjauh dari kucing tersebut, sedangkan ibunya hanya mengintip dari
jendela. Akhirya, ia mengganti bajunya dan ibunyapun membukakan pintu.
Keesokan
harinya, Budi masih tidak mau mengganti seragamnya. Ibunya kembali mengunci dia
didalam kamar tapi kali ini dengan memasukkan kucing sambil memutarkan suara
kucing yang keras dengan speaker. Budi tetap gelisah dan masih bingung mau
berbuat apa agar bisa keluar dari kamar, sampai akhirnya dia mengganti
seragamnya dan pintu kamarnya di buka dan bunya telah menyiapkan hadiah yaitu
maian baru. Minggu berikutnya, saat Budi terkunci dikamarnya dan suara kucing
di putar dengan keras, dia sudah tahu tindakan apa yang harus dia lakukan. Dia
langsung mengganti seragam dan akhirnya pintu dibuka oleh ibunya.
Berdasarkan teori Dollard dan Miller:
Kucing
→ takut
(UCS) (UCR)
Suara kucing + kucing → takut
(CS) (UCS) (CR)
Suara kucing → takut
(CS) (CR)
Dari cerita di atas:
Drive: keluar dari kamar
Cue: seragam/baju sekolah
Respon: Mengganti baju
Reinforcement: Mainan baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar