Tujuan Pendidikan Multikultural:
1. Pemerataan kesempatan bagi semua muri.
2. Mempersempit gap prestasi akademik antara murid kelompok utama dan minoritas.
Sejarah Pendidikan Multikultural:
Pada tahun 1960 di Amerika gerakan hak-hak sipil dan gerakan untuk pemerataan kesetaraan dan keadilan sosial dalm masyarakat untuk wanita serta orang berkulit berwarna.
Cakupan Pendidikan Multikultural:
- Status sosiokultural
- Etnis
- Gender
Reduksi Prasangka yaitu aktivitas yang dapat diimplementasikan guru kelas untuk mengeliminasi pandangan negatif dan stereotipe terhadap orang lain.
Paedagogi Ekuitas yaitu Modifikasi proses pengajaran dengan memasukkan materi dan strategi pembelajaran yang tepat.
Pemberdayaan
Pemerdayaan adalah memberi orang kemampuan intelektual dan keterampilan memecahkan masalah agar berhasil dan menciptakan dunia yang lebih adil.
Harapannya:
- Meningkatkan harga diri minoritas
- Membantu mayoritas untuk menjadi toleran kepada minoritas
- Mengemangkan perspektif yang beragam dalam kurikulum
Bentuk
- Kelas Jigsaw
- Tim Olahraga
- Produksi Drama
- Pentas Musik
Stategi Anti Bias :
- Memasang gambar dari berbagai latar belakang etnis
- Memilih materi drama seni, aktivitas kelas yang memperkaya pemahaman etnis
- Boneka persona untuuk anak kecil
- Menolak streotipe dan diskriminasi
- Dialog antar guru dan orang tua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar